Breaking News
Join This Site
Ponsel kamu terkena hujan? Lakukan beberapa hal berikut ini.

Ponsel kamu terkena hujan? Lakukan beberapa hal berikut ini.

Intips viral. Di negara khususnya negara indonesia yang memiliki curah hujan yang tinggi terkadang menjadi masalah bagi sebagian orang. Salah satu yang menjadi masalah di saat timbulnya kepanikan bila hujan datang dengan tiba tiba adalah lupanya kita untuk mengamankan alat telekomunikasi kita khususnya bagi pengendara sepeda motor.

tips pertolongan pertama pada ponsel yang terkena air hujan
Pixabay.com


Tak jarang kita meletakkan ponsel atau telepon genggam kita pada saku celana ataupun tas yang kita bawa. Hal ini tentunya menjadi rentang bagi ponsel tersebut untuk terkena hujan atau rembesan air hujan tersebut, 

Lalu bagaimana cara kita untuk melakukan pertolongan pertama pada ponsel kita apabila sudah terlanjur terkena air hujan. ?

Untuk itu intips viral akan memberikan beberapa tips untuk melakukan pertolongan pertama kita agar ponsel yang kita miliki dapat terselamatkan dari rembesan air hujan yang dapat merusak komponen ponsel kita. 

1. Lepaskan baterai pada ponsel.

Hal pertama yang kita lakukan adalah melepaskan baterai ponsel dari ponsel tersebut. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi korsleting pada bagian komponen ponsel kita. Apabila ponsel sebelumnya dalam keadaan menyala atau hidup, hendaknya kita langsung melepaskan baterai kita, dan jangan mematikan ponsel tersebut dengan mematikan pada tombol on off pada ponsel.

2. Letakkan ponsel pada tisu atau koran kering.

Hal yang selanjutnya kita lakukan adalah dengan meletakkan ponsel kita pada tisu ataupun koran. Hal ini dimaksudkan untuk membuat ponsel kita menjadi cepat kering. 

Dalam beberapa kasus untuk mengeringkan ponsel yang terkena air hujan, terkadang sebagian orang menggunakan pengering rambut untuk mempercepat proses pengeringan, namun sebenarnya hal ini adalah salah untuk kita lakukan.

Panas yang di hasilkan pada pengering rambut akan membuat ponsel menjadi cepat panas dan memungkinkan untuk dapat merusak beberapa bagian komponen pada ponsel kita.

3. Biarkan selama 1 hari dalam keadaan mati.

Setelah kita berusaha untuk mengeringkannya, maka biarkan sejenak ponsel dalam keadaan mati selama satu hari dan pastikan ponsel benar - benar dalam keadaan kering untuk kembali kita hidupkan.

4.  Jangan mengecas ponsel walaupun dalam keadaan lobet saat terkena air hujan.

Ponsel yang dalam keadaaan lobet saat terkena air hujan dalam kondisi mati, sebaiknya kita tidak langsung mengecasnya untuk mengindari kerusakan komponen akibat korsleting listrik. lakukan 3 cara diatas untuk kemudian kita lakukan pengecasan.

Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk melakukan pertolongan pertama pada ponsel kita apabila sudah terkena air hujan atau sejenisnya. 

Mudah - mudahan dapat bermanfaat untuk mengembalikan keadaan ponsel kita seperti semula dan terhindar dari kerusakan yang lebih parah. 

Baca juga :