Breaking News
Join This Site
Tahap Perkembangan Kinerja Otak Manusia.

Tahap Perkembangan Kinerja Otak Manusia.


Tahap perkembangan kinerja otak manusia memang berbeda dari setiap manusia. Banyak hal yang mempengaruhi faktor perkembangan dari kinerja Otak tersebut. Dimana kita ketahui, bahwa Otak manusia memiliki fungsi sebagai penyimpan memori dan ingatan seseorang. Selain itu Otak juga berguna untuk mengatur jalannya aktifitas di setiap tubuh kita.

Tahap Perkembangan Kinerja Otak Manusia.
pixabay.com


Pertumbuhan Otak manusia pada dasarnya memiliki beberapa tahapan. Dalam tahapan tersebut pertumbuhan dan perkembangan otak manusia tak luput dengan faktor usia dari seseorang. Pada umur tertentu otak manusia berkembang dengan sendirinya.

Lalu bagaimana sebenarnya pertumbuhan otak manusia dan kinerja otak manusia bila kita melihatnya dari segi umur manusia itu sendiri.?

Di kutip dari hellosehat.com tentang puncak kinerja otak manusia. Perkembangan otak manusia bisa kita ketahui dengan bertambahnya umur manusia itu sendiri. Berikut penjelasannya.

Pada Usia 7-8 tahun

Pada usia ini merupakan usia yang baik bagi anak bila ia ingin menguasai banyak bahasa asing. Menurut para ahli, kita sebaiknya memulai untuk memperkenalkan anak pada bahasa asing sedini mungkin. Bahkan sejak usianya 3 tahun.

Namun, kemampuan anak dalam mempelajari dan menguasai bahasa asing akan mencapai puncaknya ketika ia menginjak usia 7 atau 8 tahun. Menurut berbagai penelitian, kemampuan belajar bahasa asing akan berkurang setelah anak memasuki pubertas.

Oleh sebab itu bila kita menginginkan anak  kita dapat menguasai beberapa macam bahasa asing ada baiknya kita memberikan pelajaran tambahan untuk sang anak mengenal bahasa asing dan namun tentunya jangan terlalu memaksakan sang anak. Tetaplah membuat pelajaran seolah sambil bermain, agar sang anak nantinya dapat dengan mudah dan tidak bosan dalam mempelajari bahasa asing.

Pada Usia 18 tahun

Di usia ini, kemampuan dan kinerja otak untuk memproses atau mengolah informasi akan mencapai puncaknya. Ini dibuktikan dalam sebuah penelitian dalam jurnal Psychological Science tahun 2015. Oleh karena itu, pada usia 18 tahun ini akan jadi saat yang paling ideal jika kita ingin mempelajari ilmu atau keterampilan baru.

Pada Usia 22 tahun

Pernahkah kita sulit untuk mengingat nama orang-orang yang pernah kita jumpai?
Pada usia 22 tahun otak manusia mampu mengingat lebih banyak nama kenalan kita. Sebab itu, kemungkinan kita akan lupa siapa nama kenalan kita akan jadi lebih kecil pada usia ini. Tapi yang pasti jangan sampai ya lupa sama nama pasangan sendiri.

Pada Usia 31 tahun

Usia terbaik untuk mengenali wajah orang lain adalah  pada usia 31 tahun ini. Sebuah penelitian dalam jurnal Cognition tahun 2011 telah berhasil membuktikannya.

Kita mungkin saja sudah melupakan nama orang-orang yang kita kenal. Namun, kita bisa langsung mengingat bahwa kita pernah bertemu dengan seseorang sebelumnya dan di mana pada saat itu, walau hanya dari wajahnya saja.

Pada Usia 40-an

Kecerdasan manusia sering kali baru memuncak saat memasuki usia 40-an. Hal ini diukur dari kemampuan manusia untuk menciptakan atau menemukan suatu gagasan baru.

Bisa kita ambil contoh : Peraih hadiah Nobel dalam bidang ilmu pengetahuan dan Matematika rata-rata berusia 40-an. Albert Einsten, meski hanya berusia 26 tahun ketika pertama kali memformulasikan rumus E = mc2, menerima piagam Nobel pertamanya ketika berusia 43 tahun. Steve Jobs, salah satu pendiri Apple, perusahaan teknologi besar asal Amerika Serikat, juga menghasilkan terobosan produk iPod dan iPhone di usia 40-an.

Teori ini berhasil dibuktikan dalam sebuah penelitian oleh National Bureau of Economic Research (Pusat Penelitian Ekonomi) di Amerika Serikat pada tahun 2014. Jadi, kita tidak perlu khawatir apabila saat ini kita belum berhasil menciptakan terobosan dalam bidang yang kita tekuni. Mungkin masa-masa tersebut akan segera tiba.

Walaupun pada dasarnya setiap kemampuan oleh manusia berbeda-beda, baik itu tingkat kejeniusan atau hal sejenisnya namun pada hasil penelitian diatas secara umum menggambarkan perkembangan pada otak manusia itu sendiri.

Dengan demikian mungkin tidak ada salahnya kita bisa memaksimalkan kinerja otak pada anak kita nanti bila di lihat dari segi umur yang di berikan diatas.

Sumber referensi : hellosehat.com
Baca juga : penelitian-kemungkinan-vitamin-b3-dapat-mencegah-keguguran-dan-cacad-lahir