Breaking News
Join This Site
Pentingnya pengawasan guru dan orang tua terhadap anak

Pentingnya pengawasan guru dan orang tua terhadap anak

pengawasan terhadap anak
pixabay.com

Intips viral - Pentingnya pengawasan guru dan orang tua terhadap anak adalah suatu hal yang sangat penting di era serba teknologi ini. Tidak hanya dalam penggunaan teknologi namun mencakup semua aspek yang dapat mempengaruhi perkembangan dan prilaku sang anak. Hal ini tentunya akan sangat berdampak pada sikologis dan pertumbuhan anak. Sebagai mana yang kita ketahui bahwa anak seperti selembar kertas putih yang siap untuk di tulis dengan sebuah pena. Oleh karena itulah pentingnya pengawasan guru dan orang tua terhadap anak.

Banyak sekali kasus yang kita jumpai dan temui di berbagai sosial media, baik itu berita ataupun media lainnya. Seperti sebuah kasus yang baru-baru ini terjadi dimana sebuah perkelahian antara dua orang siswa SD yang berujung pada kematian salah satunya, ini salah satu kasus yang ada di sekolah namun tentunya bukan tidak ada juga kasus yang terjadi diluar sekolah seperti kelalaian orang tua dalam menjaga anak saat berpergian seperti kasus jatuh dari eskalator atau jatuh kedalam kolam yang pernah terjadi. Tentunya hal ini sangat di sayangkan bila terjadi di negeri kita tercinta ini. Bukan untuk menyalahkan atau membahas tentang kelalaian dalam pengawasan namun ini lebih kepada kita untuk mengingat dan mengetahui bahwa penting sekali pengawasan kita baik sebagai guru ataupun orang tua.

Perkembangan anak dirumah dan di lingkungan di luar sekolah tentunya menjadi tanggung jawab orang tua dan begitu juga perkembangan anak di lingkungan sekolah juga harus menjadi perhatian guru selaku orang tua yang mendidik di sekolah. Dalam hal ini kita akan membahas tentang pentingnya pengawasan dirumah dan di sekolah.

Pengawasan orang tua di rumah.

Sesibuk apapun orang tua tidak menjadi alasan untuk tidak mengajarkan pendidikan yang baik kepada sang anak. Anak adalah lembar putih yang siap meniru apa saja yang ia liat dan ia dengarkan dan sang anak cenderung memiliki penasaran terhadap sesuatu. Oleh sebab itulah kita selaku orang tua jangan sampa lalai dalam mengawasi anak kita dilingkungan rumah kita sendiri. Dengan mengajarkan hal - hal yang baik serta tata krama budi pekerti yang baik serja mengajarkan yang benar itu benar dan yang salah itu salah akan memberikan perkembangan sikologis yang baik kepada anak, namun tentunya dengan memberikan kasih sayang yang cukup kepada sang anak, tidak harus memanjakannya namun mendidiknya untuk lebih mengerti hal - hal yang baik untuk sang anak tiru. 

Pengawasan orang tua dalam rumah bisa dilakukan dengan cara selalu mendampingi sang anak dalam melihat acara pertelevisian yang ada saat ini dengan menyaring setiap acara yang ia tonton juga memberikan nilai-nilai pendidikan di sela-sela acara yang ian tonton. Selain itu pengawasan orang tua terhadap anak juga bisa seperti membatasi penggunaan teknologi smartphone untuk digunakan, bila untuk berkomunikasi ada baiknya orang tua memberikan ponsel yang biasa agar kekhawatiran dalam kemudahan situs-situs yang tidak baik dapat mudah di halangi. 

Orang tua bertanggung jawab atas perkembangan sang anak nantinya. Dengan memberikan kasih sayang yang cukup dan pendidikan yang baik serta pengawasan yang disertai dengan kasih sayang maka sang anak pastilah akan mendapatkan pengetahuan yang baik nantinya. Mendampingi sang anak saat belajar tentunya juga merupakan nilai lebih untuk menjalin kedekatan orang tua sang anak. Usahakanlah untuk selalu makan bersama dirumah bersama sang anak sambil bercerita tentang kegiatannya diluar rumah seperti sekolah. Dengan demikian sang anak dapat lebih terbuka kepada orang tua dan orang tua dapat dengan mudah untuk menjalankan pentingnya pengawasan orang tua kepada anak.

Pengawasan guru di sekolah.

Tentunya dalam hal ini orang tua tidak bisa sepenuhnya mengawasi kegiatan anak disekolah. Jalan terbaiknya yang dilakukan orang tua adalah dengan memberikan tanggung jawab kepada guru selaku orang tua kedua dilingkungan sekolah kepada sang anak. Koordinasi antara guru dan orang tua sangatlah penting untuk mengetahui perkembangan sang anak baik itu dalam lingkungan rumah maupun sekolah sehingga sang guru dapat memberikan solusi yang baik kepada sang anak apabila kelak sang anak memperoleh masalah yang tidak diketahui baik itu guru atau orang tua. 

Pengawasan guru terhadap anak didalam lingkungan sekolah tidak harus tepaku pada suatu mata pelajaran apa yang ia berikan kepada sang anak, namun tentunya memberikan pengawasan di laur jam mata pelajaran tentunya seperti tetap mengawasi kegiatan setiap anak pada saat jam istirahat agar tidak terjadi kasus yang tidak di inginkan. Selain itu Guru juga berperan aktif dalam melihat tingkah laku yang berbeda yang terjadi pada sang anak dengan melakukan pendekatan kepada sang anak agar sang anak dapat menceritakan segala masalah yang ia hadapi dan bersama-sama untuk mencari solusi dari perasalahan yang terjadi pada sang anak. 

Hal ini tentunya dapat diperhatikan dengan penurunan minat belajar sang anak atau menurunnya prestasi yang terjadi pada sang anak. Guru dapat berkoordinasi dengan orang tua dan mencari akar permasalahan dan mendapatkan solusinya. Peka terhadap prilaku anak di sekolah sangatlah penting bagi sang guru. Memang banyaknya siswa merupakan salah satu rintangan yang di hadapi guru namun tentunya dengan memperhatikan segala kegiatan yang berlangsung baik dalam mata pelajaran atau pada jam istirahat, guru dapat memahami setiap tingkah laku sang anak.

Pentingnya pengawasan guru dan orang tua terhadap anak merupakan suatu kesatuan yang tidak lepas terhadap perkembangan tingkah laku, prilaku dan pendidikan sang anak. Oleh karena itulah kerja sama antara orang tua dan murid sangat dianjurkan sekali dengan selalu melakukan konsultsi terhadap perkembangan setiap anak yang ada di sekolah. Tidak jadi alasan untuk tidak melakukan ini, karena untuk menciptakan generasi yang lebih baik nantinya akan berguna bagi negara dan orang banyak dan tentunya bagi perkembangan anak itu sendiri.