Breaking News
Join This Site
Penelitian kemungkinan vitamin B3 dapat mencegah keguguran dan cacad lahir

Penelitian kemungkinan vitamin B3 dapat mencegah keguguran dan cacad lahir

penelitian terhadap vitamin B3 dapat mncegah keguguran dan cacad lahir
pixabay.com

Intips viral - Kehamilan merupakan suatu hal yang paling membanggakan bagi pasangan suami dan istri terutama pada wanita. Namun terkadang kekhawatiran pada saat kehamilan juga menjadi kekhawatiran sendiri. 

Untuk mengatasi permasalahan pada wanita hamil beberapa peneliti mencoba untuk mencari solusi yang terbaik dalam mencegah keguguran dan cacad lahir

Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan.Mengkonsumsi Vitamin B3 dapat mencegah keguguran dan cacat lahir, Peneliti dari Victor Chang Institute di Sydney menyebutnya dengan istilah "terobosan ganda", karena keduanya menemukan penyebab dan solusi pencegahan.

7,9 juta bayi yang lahir setiap tahun dengan cacat lahir di seluruh dunia, tim berharap manfaatnya ini dapat meluas. Namun seorang ahli mengatakan bahwa temuan tersebut "tidak dapat dijadikan rekomendasi" untuk kehamilan.

Para peneliti menganalisis DNA dari empat keluarga di mana para ibu mengalami banyak keguguran atau bayinya yang terlahir dengan cacat lahir ganda, seperti jantung, ginjal, vertebra dan masalah langit-langit mulut.

Mereka menemukan bahwa mutasi pada dua gen yang menyebabkan anak tersebut kekurangan molekul vital yang dikenal sebagai Nicotinamide adenine dinucleotide (NAD), yang memungkinkan sel untuk menghasilkan energi dan organ untuk berkembang secara normal.

Peneliti utama Prof Sally Dunwoodie mereplikasi mutasi pada seekor tikus, namun ternyata bisa diperbaiki jika ibu hamil mengonsumsi niasin (vitamin B3).

"Anda dapat meningkatkan tingkat NAD dan benar-benar mencegah keguguran dan cacat lahir, ini bisa mengatasi masalah genetik," katanya. "Sangat jarang Anda menemukan penyebab dan pencegahan dalam penelitian yang sama. Dan pencegahannya sangat sederhana, ini adalah vitamin," katanya.

Dr Katie Morris, seorang ahli kedokteran gigi ibu di Universitas Birmingham, mengatakan: "Hal ini menarik, namun penemuan ini tidak dapat di  rekomendasi untuk wanita hamil, yang paling mungkin kekurangan vitamin B3.

"Dosis yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 kali dosis harian yang direkomendasikan untuk suplementasi pada wanita." Dia mengatakan efek samping dari dosis tinggi ini tidak diketahui, dengan komplikasi kehamilan yang sering terjadi karena interaksi kompleks sejumlah faktor.

Prof Jean Golding, dari Universitas Bristol, menyebutnya sebagai "kerja keras" namun diingatkan untuk tidak melakukan ekstrapulasi terlalu banyak dari temuan, karena didasarkan pada faktor genetika empat keluarga dan tikus.

Untuk saat ini, Prof Dunwoodie merekomendasikan wanita hamil untuk melakukan multivitamin khusus kehamilan, yang mencakup 18 miligram niasin.

"Tapi,tidak semua memiliki kesamaan dalam menyerap nutrisi," ungkapnya, menambahkan bahwa indeks massa tubuh dan diabetes dapat mempengaruhi bagaimana wanita dalam memproduksi NAD.
Dia menambahkan: "Kami tidak tahu siapa wanita-wanita ini yang tidak menghasilkan tingkat yang memadai, jadi itu adalah hal berikutnya yang harus dipelajari."

Dengan di lakukan penelitian ini di harapkan peneliti dapat menemukan bagaimana solusi dalam mengurangi keguguran dan cacad lahir pada wanita hamil.

Sumber artikel : BBC News

Baca juga : Makanan awet muda