Breaking News
Join This Site
Kenapa freezer kulkas tidak boleh di tusuk

Kenapa freezer kulkas tidak boleh di tusuk

freezer
pixabay.com

intips viral - Kulkas adalah tempat penyimpanan makanan agar makanan dapat bertahan lebih lama dari seharusnya. Kulkas biasanya digunakan untuk menyimpan makanan seperti sayur, buah-buahan, daging, minuman juga makanan lainnya. Selain tempat penyimpanan biasa pada bagian bawah kulkas. Pada umumnya kulkas juga memiliki bagian pembeku yang biasa di sebut freezer.

Guna freezer sendiri adalah untuk membekukan makanan yang mudah mengalami kadarluasa atau pembusukkan, oleh karena itulah makanan berjenis seperti ini harus dibekukan agar tidak mudah rusak. Permasalahan yang sering terjadi adalah dimana seseorang ingin mengambil makanan pada bagian freezer kulkas yang telah membeku. Hal yang terjadi adalah seperti susah untuk di ambil. Terlalu beku sehingga menempel pada dinding freezer.

Dalam mengatasi kesulitan mengambil makanan dalam freezer, tidak jarang orang untuk mengambil jalan pintas dengan cara mencongkelnya atau menusuknya dengan benda tajam seperti pisau. Hal ini tidaklah dianjurkan untuk dilakukan. Lalu kenapa freezer kulkas tersebut tidak boleh di tusuk?. Apakah kulkasnya akan menjerit kesakitan?

Tentunya kulkas adalah benda mati dan bukan alasan untuk tidak menusuknya dikarenakan kulkas akan menjerit. Namun alasan yang lebih logis adalah sebagai berikut.

Dalam dinding-dinding freezer dalam kulkas tentunya kita dapat melihat bagian - bagian yang menonjol seperti bisul?. Bukan - bukan seperti bisul namun bagian menonjol yang kita lihat ini mirip seperti sebuah jalur atau jalan. Lalu apa alasan kenapa jalur ini di buat dan kenapa freezer kulkas tidak boleh di tusuk. 

Gelembung atau jalur yang terlihat pada dinding freezer adalah merupakan jalur mengalirnya pendingin atau istilah yang di gunakan adalah jalur freon yang berfungsi untuk menyalurkan gas pendingin tersebut agar merata keseluruh bagian kulkas. Dampak yang terjadi akibat dari mengambil makanan dari freezesr dengan menggunakan benda tajam seperti pisau adalah terjadinya penusukkan pada jalur pendingin tersebut yang bisa mengakibatkan kebocoran pendingin yang mengakibatkan lemari es atau kulkas menjadi kehabisan freon atau pendingin.

Akibat kebocoran yang di akibatkan oleh benda tajam ini lah yang menyebabkan kulkas atau lemari es menjadi kehabisan freon dan tidak mengalami pendingan lagi. Dalam kasus ini biasanya dilakukan penambalan dan penambahan freon pada kulkas atau lemari es. 

Lalu bagai mana cara terbaiknya untuk mengambil makanan yang sudah beku dan susah untuk di keluarkan?.

Jalan terbaik yang dilakukan agar kulkas atau lemari es tersebut tetap terjaga keawetannya adalah dengan menurunkan tingakat kedinginan atau suhu pada kulkas dengan mengaturnya pada suhu tertentu untuk mencairkan bagian freezer atau pendingin tersebut. Sabarlah untuk menunggu beberapa menit dan setelah es yang menempel pada bagian dinding dan makanan mencair cobalah untuk menariknya dengan tangan dan jangan mencongkelnya dengan benda tajaam.