Breaking News
Join This Site
Cara menulis dan membuat niche blog terbaik untuk adsense

Cara menulis dan membuat niche blog terbaik untuk adsense


Niche adalah suatu topik tertentu yang dibahas dalam suatu tulisan atau penyampaian dengan bidang tertentu dengan kata lain adalah tema pembahasan yang lebih spesifik, sedangkan niche blog adalah pembahasan yang secara menyeluruh menentukan isi atau maksud dari keseluruhan blog. 

Dalam hal ini berbeda antara niche blog artikel dengan niche blog itu sendiri. Nah sedangkan niche artikel dalam blog adalah pembahasan tentang suatu masalah namun tidak menggambarkan keseuruhan blog tersebut.

Bagi para bloger khususnya para pembuat blog yang baru terjun kedunia bloger akan sangat bingung dalam menulis dan membuat niche blog yang diarasa baik, terlebih lagi apabila blog tersebut dimaksudkan untuk di monitisasi dengan adsense. Banyak kegalauan yang terjadi seperti topik apa yang akan dibuat, hari ini bahas apa besok bahas apa lagi. 

Cara menulis dan membuat niche blog terbaik untuk adsense
pixabay.com


Untuk mengatasi kegalauan ini saya akan coba untuk menjelaskan tentang cara menulis suatu blog dan menentukan niche blog yang terbaik untuk para bloger dalam memonitisasi blog nya dengan adsense atau untuk mendapatkan akun adsense.

Pada umumnya niche blog sendiri di tentukan dengan dua tema yaitu niche blog gado-gado yang membahas semua topik yang populer dan niche blog dengan tema tertentu yang disukai oleh para pembacanya. Kedua niche blog ini bagus dan tidak ada yang salah namun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tergantung bagaimana kita menuliskan artikel suatu blog dengan cara yang terbaik.

Kelebihan Niche blog gado-gado.
1. Lebih luas dalam menentukan tema pembahasan dalam setiap artikel.
2. Tidak terfokus dalam satu topik pembahasan.
3. Mudah dalam mencari ide populer dalam penulisan artikel.
4. Memberikan banyak pilihan bagi pengunjung yang datang.
5. Mudah untuk mendapatkan banyak artikel.

Kekurangan Niche blog gado-gado.
1. Pendatang yang datang ke blog kita hanya mencari topik yang ingin dia cari.
2. Adsense sulit menentukan iklan yang relevan dalam blog yang kita tulis.
3. Sulit mendapatkan pembaca yang setia.
4. Sulit untuk mendapatkan page one dalam mesin pencarian google.
5. Banyak saingan dari artikel terkemuka seperti hipwe, tribun, dan sejenisnya.
6. Bpk adsense sering mengalami kerendahan nilai.

Lalu bagai mana dengan blog dengan niche tertentu atau spesifik. Berikut kelebihan dan kekurangan niche blog yang membahas pembahasan tertentu.

Kelebihan Niche blog yang memiliki 1 tema:
1. Mudah mendapatkan pengunjung yang setia.
2. Ramah adsense dalam menentukan iklan yang relevan.
3. Kesempatan berada di page one cukup tinggi.
4. Bpk adsense memiliki kemungkinan nilai pembayaran yang tinggi.
5. Lebih disukai oleh para pembaca.
6. Kesempatan untuk diterima adsense lebih besar.
7. Cukup fokus dalam 1 pembahasan saja.
8. Kemungkinan besar untuk menjadi blog populer dan terbaik yang disukai pembaca.

Kekurangan Niche blog yang memiliki 1 tema.
1. Terkendala dalam menulis artikel yang spesifik bila tidak menguasainya.
2. Harus lebih mengerti dan memahami pembahasan dalam setiap artikel.
3. Mudah jenuh dan kehabisan ide dalam menulis.
4. Lama dalam berkembang dari segi isi artikel dalam satu blog.
5. Rawan untuk di tinggali pembaca bila isi artikel tidak memberikan nilai lebih bagi pembaca.

Kelebihan dan kekurangan dalam memilih niche artikel diatas sebenarnya tidak terlepas dengan bagaimana cara kita dalam menyampaikan isi dan maksud artikel tersebut, apakah memiliki nilai tambah kepada para pembaca atau tidak. Lalu bagai mana cara menulis dan membuat niche blog yang terbaik yang disukai oleh para pengunjung terlebih lagi untuk mendapatkan penghasilan dari adsense?. Untuk itu mari kita lanjutkan pembahasan kita.

Cara menulis dan membuat niche blog terbaik untuk adsense.

Niche blog umumnya terbaig dua yaitu niche blog gado-gado dan niche blog yang berisikan 1 tema pembahasan. Untuk menulis dan membuat niche blog yang kita rasa cukup baik untuk dibaca pengunjung dan memberikan kemudahan kita dalam menulisnya maka coba lakukan beberapa contoh dan cara yang akan saya sampaikan dan mudah-mudahan dapat bermanfaat buat para pembaca tentunya.

Menulis dan membuat Niche blog gado-gado.

Niche blog gado-gado adalah niche blog yang berisikan banyak pembahasan dalam satu blog yang di sajikan. Untuk menulis dan membuat niche blog seperti ini memang mudah namun agar disukai oleh para pembaca kita harus melakukan beberapa hal berikut:

1. Selalulah melakukan update setiap hari dan hal-hal yang baru dalam penulisan artikel.
2. Sajikan dalam setiap penulisan sumber yang jelas dan informasi yang sejelas-jelasnya bagi para pembaca agar mudah mendapat like dan shere oleh para pembaca.
3. Cari topik dan tema pemahasan yang sedang viral atau poluler yang menarik minat pembaca.
4. Sertakan sumber referensi apabila kita mengutip isi dari artikel orang lain sebagai rasa hormat kita dan disamping itu akan memberikan nilai tambah bagi para pembaca bahwa kita bukan menulis pembahasan yang asal-asalan dikarenakan topik pembahasan blog yang luas.
5. Sebelum menulis artikel selalu lah mencari keyword atau kaca kunci yang relevan dengan pembahasan kita agar mudah mendapatkan page one dalam mesin pencarian google.
6. Sisipkan beberapa kata keyword periklanan adsense agar iklan yang ditampilkan oleh adsense memiliki nila yang tinggi dan relevan.
7. Bila kita mengutip isi artikel dari pembahasan artikel lain yang berdampak buruk bagi adsense dan mesin pencarian google maka lakukan dengan menulis ulang artikel tersebut dengan kata-kata kita sendiri namun bila kita ingin mengutip bagian tertentu sertakan pembuka dan penutup dengan tulisan kita sendiri dengan mencantumkan sumber artikel yang kita kutip.

Menulis niche blog dengan 1 tema tertentu.

Blog yang memiliki 1 tema yang mencakup keseluruhan artikelnya umumnya mendapatkan bayaran tinggi oleh pihak adsense dikarenakan iklan yang tampil akan mudah relevan dengan topik pembahasan di blog kita. Kemungkin untuk mendapat kan populeritas untuk niche seperti ini memang tidak mudah namun bila para pembaca sudah menyukainya maka blog yang memiliki 1 tema ini akan bertahan lama untuk disukai oleh para pembaca. Kesulitan dalam menulis blog dengan niche 1 tema ini memang sulit bila kita tidak memiliki pengetahuan yang dalam dari informasi yang kita sajikan.

Untuk itu berikut beberapa contoh berdasarkan tema tertentu agar dapat membuat niche blog 1 tema yang baik khususnya untuk pembaca dan adsense sebagai relefansi untuk membuat niche blog tertentu lainnya.

1. Contoh membuat dan menulis niche blog bertema kesehatan.

Untuk membuat niche blog kesehatan pastilah kita harus memiliki pengetahuan kesehatan lalu bagai mana bila pengetahuan kita tentang kesehatan tersebut tidak terlalu mendalam?. Kita dapat melakakan beberapa hal berikut.

a. Kumpulkan informasi tentang topik kesehatan yang akan kita bahas.
b. Dalam penulisan sertakan sumber asli dan data-data yang spesifik untuk disajikan.
c. Cari keyword tentang kesehatan yang sedang trend untuk dibahas dan kita bisa mencarinya melalui google trend selanjutnya mengaplikasinya melalui keyword planer.
d. Jangan terlalu bertele-tele dalam pembukaan artikel, hal ini dikarenakan pembaca dalam niche tertentu umunya selalu mencari isi maksud dari artikel yang ia baca.
e. Sajikan gambar sebagai pendukung agar tidak menimbulkan kebosanan.
f. Agar Bpk dan iklan adsense dapat tampil sempurna pilihlah niche blog kesehatan yang lebih spesifik misalnya membahasa tentang vitamin saja. Membahasa tentang penyakit tertentu dan sebagainnya agar mudah untuk dikenali dan di ingat pembaca juga  nantinya.
g. Akan lebih bagus bila kita menyajikan kontak person atau chating live kepada para pembaca untuk membahas tentang kesehatan yang kita buat yang memberi pengalaman berbeda kepada para pembaca.

2. Contoh membuat dan menulis niche blog bertema teknologi.

Seperti halnya niche kesehatan kita juga belum tentu menguasai teknologi yang ada sesuai dengan blog yang akan kita buat. Lalu untuk mengatasi hal ini bisa kita lakukan beberapahal berikut.

a. Kumpulkan informasi seputar teknologi yang akan kita bahas.
b. Sajikan sumber artikel yang mendukung isi artikel kita dengan memberikan data, pengujian dan informasi yang mendukung lainnya agar memberikan kekuatan kebenaran dalam isi artikel kita.
c. Cari informasi teknlogi yang sedang trend untuk dibahas.
d. Tulis lah dengan kata yang singkat pada dan jelas dan tidak bertele-tele.
e. Sajikan penulisan dengan cara informatif kepada para pembaca kita agar lebih mudah dipahami dan disukai oleh para pembaca.
f. Untuk mendapatkan bayaran tinggi atas iklan yang tampil dari adsense , blog dengan pembahasan teknologi tertentu akan lebih mudah mendapatkan nilai klik yang tinggi.
g. Sertakan selalu sumber refrensi atas artikel  yang kita sajikan karena para pembaca pasti tahu bahwa anda bukan ahli dalam teknologi namun menyampaikan informasi teknologi. Hal ini akan bernilai positif bagi para pembaca.

Kedua contoh niche blog yang memiliki 1 tema diatas adalah contoh untuk menulis niche artikel tertentu lainnya. Caranya tidak jauh berbeda dengan kedua contoh diatas walaupun kita tidak memiliki pengetahuan yang dalam tentang niche tertentu dengan mencoba cara diatas kita akan lebih terlihat ilmiah bagi para pembaca dan akan mudah disukai dan populer bagi pengunjung dan biasanya pengunjung yang senang dengan pembahasan yang kita sajikan, merekan akan yakin untuk merefrensinya blog kita kepada orang tertentu dan juga mensherenya. 

Blog dengan nich tertentu sekarang lebih mudah dalam menuliskannya, dikarenakan kita mudah mencari referensi dari artikel-artikel luar negeri dengan cara:

1. Cari topik pembahasan tentang niche yang akan kita bahas pada blog luar negeri.
2. Translate kan artikel kepada google translate.
3. Pahami maksud tujuan penulis dari google translate dan lakukan penulisan ulang dengan menggunakan gaya tata bahasa kita sendiri
4. jangan pernah copas langsung dari translate google karena translate yang di berikan tidak baik dan juga bisa terdetek sebagai plagiat oleh mesin boot google.
5. Tetap cantumkan sumber artikel sebagai rasa terima kasih kita.

Dengan melakukan cara diatas baik itu niche gado-gado ataupun niche blog dengan tema tertentu maka kita sebagai penulis bloger akan dengan mudah untuk menyajikan penulisan yang baik kepada para pembaca . Dengan melakukan penulisan dan membuat niche yang baik juga berdampak baik untuk pendapatan adsense itu sendiri.

Baik itu niche blog gado-gado ataupun niche blog tertentu keduanya berpeluang untuk menjadi populer yang di sukai  pembaca dan keduanya juga termasuk niche yang baik. Kedua niche ini akan berkembang tergantung dengan cara keseriusan kita untuk mengembangkannya. 

Dan ketahuilah bahwa mereka yang telah mendapatkan peringkat page one dalam mesin pencarian google pasti pernah mengalami hal - hal sulit lainnya dan tentunya kerja keras dalam memberikan informasi yang disukai oleh pembaca. 

Satu hal yang harus di ingat oleh para bloger yang memonitisasi blognya baik itu dengan adsense atau periklannya lainnya adalah USAHA TIDAK AKAN MEMBOHONGI HASIL. Semua butuh kerja keras dan tidak ada yang instan.

Terimaksih