Breaking News
Join This Site
6 Cara untuk menjaga mata agar tetap sehat dan terjaga

6 Cara untuk menjaga mata agar tetap sehat dan terjaga

pixabay.com

Intips viral - Mata adalah salah satu indra yang ada pada manusia disamping indra lainnya. Mata memiliki fungsi yang sangat penting bagi setiap aktifitas kita dimana saja. Menjaga kesehatan mata sangatlah perlu untuk kita kita lakukan agar kelak kita terhindar dari beberapa penyakit mata, seperti rabun, katarak dan sebagainya. Beberapa hal dapat kita lakukan untuk menjaga agar mata kita dapat terjaga disamping faktor keturunan yang akan menjadi salah satu penyebab kelainan pada mata kita. Seperti yang kita ketahui, mata memiliki fungsi yang sangat penting untuk segala macam aktifitas yang kita lakukan dan tak jarang pula beberapa perusahaan memberikan tes penglihatan dalam informasi lowongan kerjanya. Lalu bagaimana cara kita untuk menjaga mata agar selalu sehat dan terhindar dari kerusakan yang terjadi?.


Ada baiknya kita menjaga mata dimulai sewaktu masi muda, namun tidak ada salahnya juga kita untuk memulainya dari sekarang berapapun usia kita. Lalu cara yang bagaimana yang bisa kita lakukan untuk menghindari kerusakan pada mata.? Intips viral akan memberikan beberapa cara untuk menjaga mata kita untuk terhindar dari berbagai kerusakan mata. Adapun beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk dapat menjaga mata kita agar tetap sehat yaitu:

1. Hindari membaca dan menulis di tempat gelap.
Bagi kita yang gemar membaca atau menulis ada baiknya untuk memberikan penerangan yang secukupnya agar mudah terlihat oleh mata kita. Kurangnya pencahayaan pada saat kita membaca atau menulis akan meningkatkan kinerja mata kita untuk lebih fokus terhadap sesuatu, hal ini akan membuat mata lebih cepat terasa lelah dan bila kita paksakan secara terus menerus maka kerusakan mata bisa terjadi dalam jangka waktu tertentu.

2. Jaga jarak mata pada saat menonton pada layar televisi atau sejenisnya.
Menjaga jarak pada saat kita menonton sangat dianjurkan untuk menstabilkan fokus mata kita terhadap televisi. Pencehayaan pada televisi khususnya yang bewarna apabila kita terus menerus melihatnya pada jarak yang sangat dekat akan merusak retina mata kita yang bisa mengakibatkan mata lelah. Di samping itu dengan intensitas yang sangat sering akan menyebabkan kerusakan pada mata kita. Jaga jarak pada saat kita nonton dengan jarak yang dianjurkan sangat lah penting.

3. Hindari membaca pada posisi tidur.
Umumnya ini dilakukan oleh anak-anak yang masi pada tahap perkembangan. Oleh karena itu perhatikan aktifitas anak pada saat membaca. Membaca pada saat posisi tidur akan meningkatkan kerja mata dan pastinya jarak pada saat membaca menjadi tidak beraturan. Dengan jangka waktu yang lama dapat membuat mata menjadi rabun jauh.

4. konsumsi makanan yang mengandung vitamin A.
Vitamin A baik itu pada buah-buahan atau sayuran sangat baik untuk kita konsumsi dimana kita tahu bahwa vitamin A memiliki fungsi yang baik untuk menjaga kesehatan mata agar tetap segar dan tidak mudah lelah. Dengan mengkonsumsi vitamin A sesuai dengan kebutuhan akan dapat menghindari kerusakan pada mata kita.

5. Hindari mengkucek-kucek mata pada saat terkena debu.
Tanpa kita sadari pada saat mata kita terkena debu baik itu di jalan atau dirumah kita langsung saja mengkucek mata kita dengan tangan kita. Hal ini harusnya kita hindari dikarenakan debu yang menempel pada mata dapat merusak retina mata kita pada saat kita mengkucek mata kita. Ada baiknya langsung membersihkan mata dengan menggunakan air yang bersih dengan demikian kerusakan retina akibat gesekan debu yang terjadi pada mata dapat kita hindari.

6. Memeriksakan mata apabila ada keanehan.
Periksalah mata kita dengan mendatangi dokter mata terdekat apabila kita mengalami hal yang tidak biasa pada mata kita. Dengan demikian kerusakan yang terjadi pada mata dapat segera ditanggulangi oleh mereka yang ahli terhadap penyakit mata. Ada baiknya memeriksakan mata secara rutin secara bertahap kepada dokter spesialis mata.

Beberapa hal diatas bisa kita lakukan untuk menghindari kerusakan pada mata kita. Namun demikian ada beberapa faktor yang memang menyebabkan kelainan pada mata kita, misalkan saja faktor keturunan. Namun diluar dari itu semua kita bisa merawat dan menjaga mata kita seperti cara diatas. Sayangi mata kita karena itulah hal yang paling penting untuk melihat keindahan ciptaan yang maha kuasa. Terimakasih telah berkunjung dan mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk kita semua.