Breaking News
Join This Site
Mengenal Tempramen Anda sendiri

Mengenal Tempramen Anda sendiri

Tempramen adalah gaya berprilaku seseorang dalam menanggapi suatu masalah. Kita mengetahui bahwa setiap manusia memiliki sikap dan sifat yang berbeda, semua itu akan terlihat disaat seseorang menanggapi suatu masalah yang terjadi. Tahun 460-370 SM seseorang yang disebut sebagai bapak dari ilmu pengobatan yang bernama Hipocrates membedakan adanya empat tempramen yang dimiliki oleh manusia yaitu orang sanguin, orang melankolik, orang kolerik dan orang flegmatik.
Terus bagaimanakah ciri-ciri atau sifat dari ke empat tempramen tersebut?. Berikut adalah penjelasan tentang pembagian tempramen yang dimiliki oleh manusia.



1. Orang Sanguin

Orang sanguin adalah orang yang memiliki sifat periang dan penuh dengan pengharapan, orang sanguin mengganggap segala sesuatu yang ia hadapi menjadi hal yang penting, namun demikian mereka akan melupakan sesaat sesuatu yang ia anggap penting tersebut. Orang sanguin cenderung ingin menepati janjinya namun selalu gagal dalam melaksanakan keinginannya itu. Orang sanguin adalah seorang penghutang yang tidak bagus yang terus menerus meminta waktu untuk melunasi hutangnya, biasanya orang sanguin memiliki sifat yang luwes, pandai bergaul dan pering.

Kekuatan orang Sanguin
a. Banyak bicara
b. Ramah tamah
c. Bersemangat
d. Suka bergaul
e. Berbelas kasihan
f. Periang

Kelemahan orang Sanguin
a. Lemah terhadap kemauan
b. Tidak tenang
c. Tidak disiplin
d. Selalu gelisah
e. Tidak dapat diandalkan
f. Egosentris
g. Bising
h. Selalu berlebih-lebihan

2. Orang Melankolik

Orang melankolik adalah orang yang selalu merasa khawatir atas segala sesuatu yang ada disekitarnya, menganggap segala sesuatu itu adalah hal yang penting baginya hal ini dilakukan tidak atas dasar pertimbangannya melainkan cenderung atas pergaulan dengan orang lain yang membuat orang melankolik ini selalu khawatir, selalu berprasangka buruk dan terus sibuk berfikir dengan fikirannya sendiri. Orang Melankolik selalu merasa tidak bahagia, ia merasa kebahagiaan selalu menjauhinya.

Kekuatan Orang Melankolik
a. Berbakat
b. Cermat
c. Peka
d. Perfeksionis
e. Suka keindahan
f. Idealistis
g. Setia

kelemahan Orang Melankolik
a. Egosentris
b. Pemurung
c. Bersifat negatis
d. Teoritis
e. Tidak praktis
f. Tidak ramah
g. Pendendam

3. Orang Kolerik

Orang kolerik adalah orang yang memiliki sifat emosianal selalu merasa panas dipikirannya dan mudah untuk membangkitkan gairahnya namun mudah juga untuk menjadi tenang apabila kawan yang ia hadapi mengaku kalah. Orang kolerik adalah orang yang sibuk tapi tidak menyukai bila berada di tengah-tengah kesibukan karena kurang memiliki ketabahan. Sifat yang cenderung nampak dari orang ini adalah senang untuk dipuji di depan umum, memperhatikan penampilannya, suka kemegahan dan formalitas yang penuh dengan kebanggaan dan cinta terhadap diri sendiri. memiliki sifat kikir dan sakit hati yang luar biasa jika orang lain menolak untuk ikut dalam kepura-puraannya.

Kekuatan Orang Kolerik
a. Berkemauan keras
b. Tekun
c. Berjiwa besar
d. Optimistis
e. Praktis
f. Produktif
g. Tegas
h. Berbakat pemimpin

Kelemahan Orang Kolerik
a. Peramah yang lalim
b. Sarkastis
c. Menguasai
d. Tidak acuh
e.Bangga
f. Puas diri
g. Tidak berperasaan
h. Licik

4. Orang Flegmatik

Orang Flegmatik adalah orang yang tidak  mudah terpengaruh dengan suatu keadaan dan kurang bergairah bertindak atas dasar keyakinannya sendiri bukan karena dorongan naluri. Temperamennya yang cerah dapat menggantikan ketidakhadiran kecerdikan dan kebijakan dalam dirinya. Orang ini cenderung bertindak sesuai dengan pergaulannya dan dapat maju dikarenakan kegigihannya dalam mencapai sesuatu yang ia kehendaki dan selalu bergaya seakan-akan memberi jalan kepada orang lain. 

Kekuatan Orang Flegmatik
a. Tenang
b. Lembut hati
c. Dapat diandalkan
d. Efisien
e. Konservatif
f. Praktif
g. Berbakat pemimpin

Kelemahan Orang Flegmatik
a. Kikir
b. Penakut
c. Tidak tegas
d. Penonton
e. Suka melindungi diri sendiri
f. Mementingkan diri

Kesimpulan

Pemikiran yang terbaik dalam mengambil kesimpulan dari  dari empat temperamen diatas adalah dengan mengetahui temperamen mana yang paling dominan terhadap diri anda dan mencocokkan nya dengan sikap dan sifat anda sendiri. Dengan begitu anda dapat mengetahui temperamen mana yang lebih dominan terhadap diri anda.

Sumber refrensi : Buku Pintar Seri senior, Editor Iwan Gayo
Image: Pixabay.com