Breaking News
Join This Site
Mencegah dan mengobati penyakit darah tinggi pada manusia

Mencegah dan mengobati penyakit darah tinggi pada manusia

Apa itu penyakit darah tinggi ?

Darah tinggi atau yang biasa disebut sebagai hipertensi adalah dimana kondisi tekanan darah mengalami peningkatan yang menyebabkan tekanan darah meningkat pada bagian arteri yang menyebabkan terganggunya kesehatan pada tubuh. Hal ini bisa menyebabkan berbagai macam penyakit seperti serangan pada jantung. Pada manusia apabila dikatakan mengalami tekanan darah tinggi bila tinggi tekanan darah sistolik mencapai 140 mmHg atau lebih dan tekanan darah diastolik mencapai 90 mmHg atau secara umum disebutkan seperti 140/90 dalam keadaan duduk dan dalam keadaan berdiri mencapai 160/90 mmHg atau lebih,




Apa saja penyebab darah tinggi?

Penyebab darah tinggi sendiri bisa di karenakan karena beberapa hal-hal berikut :

  1. Faktor makanan yang mengkonsumsi lemak berlebihan dan makanan yang mengandung tinggi garam dapat memicu tekanan darah yang meningkat.
  2. Faktor merokok, meminum minuman berakhohol dan minuman bersoda secara berlebihan serta kurangnya istirahat seperti tidur juga dapat memacu tekanan darah semakin meningkat.
  3. Faktor kegemuaan badan yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah meningkat dan mengecilnya pembuluh darah akibat timbunan lemak pada pembuluh darah.
  4. Kurang beraktifitas atau berolah raga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dan peredaran darah menjadi tidak lancar.
  5. Terlalu banyak fikiran dan stres yang tinggi bisa memicu terjadinya serangan darah tinggi pada tubuh.
  6. Faktor usia dimana keadaan jaringan pebuluh darah sudah mengalami kekurangan elastisitas pada tubuh dan sebaiknya menjaga pola makan dan sering berolah raga.

Bagaimana gejala tekanan darah tinggi terjadi ?

Banyak gejala-gejala yang bisa kita ketahui dengan dini sebelum akhirnya tekanan darah tinggi menyerang sebagai antisipasi bila keadan tubuh semakin parah. Gejala-gejala darah tinggi awalnya bisa kita ketahui dengan beberapa ciri-ciri berikut:
  1. Terasa pusing didalam kepala yang berlebihan yang menyebabkan sakit kepala yang diluar wajar rasa sakit.
  2. Mudah mengalami rasa lelah didalam tubuh akibat jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah pada tubuh.
  3. Mengalami kesemutan di beberapa bagian tubuh.
  4. Gejala yang lebih parah bila mengalami mimisan pada hidung dimana darah keluar pada hidung biasanya gejala yang satu ini terjadi pada kasus yang lebih parah.

Apa saja yang dilakukan untuk mencagah penyakit darah tinggi?

Untuk mencegah terjadinya kasus yang lebih parah dari dara tinggi setelah kita mengetahui beberapa gejala di atas bisa dilakukan dengan cara berikut:
  1. Atur pola makan dengan dengan teratur dengan menghindari makanana yang mengandung lemak tinggi dan kadar garam yang tinggi yang bisa memicu tekanan darah meningkat drastis.
  2. Rajin berolah raga secara teratur dapat melancarkan peredaran darah yang tersumbat.
  3. Kurangi fikiran yang berlebihan terhadapat suatu masalah, tenang kan fikiran dan mulai dengan langkah-langkah awal dalam menyelesaikan suatu masalah. Hindari menggunaka  emosi dalam menghadapi suatu masalah
  4. Jaga kondisi berat badan tubuh ideal dengan mengatur pola makna.
  5. Bila anda pada usia rentan atau tua maka jagalah pola makan dan rajinlah berolah raga.

Lalu bagai mana mngobati gejala darah tinggi yang sudah terjadi ?

Setelah kita mengetahui beberapa gejala yang terjadi pada tubuh akibat tekanan darah yang meningkat maka selanjutnya lakukan langkah awal untuk mengobati penyakit atau gejala darah tinggi ini dengan beberapa hal seperti ;
  1. Gunakan 2 buah bawang putih yang dikupas kulitnya lalu kunyah dan telan dengan air hangat.
  2. Minum air rebusan belimbing wuluh yang kemudian disaring sarinya dari hasil rebusan setelah makan.
  3. Seduh daun buah alpokat dengan air panas lalu minum setelah dingin dan konsumsi buah alpokat setelahnya.
  4. Apabila anda mengkonsumsi obat herbal maka minumlah sesuai dosis yang dianjurkan secara rutin setiap hari untuk mengurangi dampak dari darah tinggi.
  5. Konsultasi dengan dokter yang terkait untuk dampak yang lebih setelah melakukan pertolongan awal pada gejala penyakit darah tinggi ini.
Penyakit darah tinggi bila tidak diatasi segera mungkin dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya seperti kerusakan otak, sesak napas, serangan jantung, gagal ginjal, kerusakan mata dan lain sebaginya.

kesimpulan

Penyakit darah tinggi terjadi akibat meningkatnya tekanan darah pada batas normal yang terjadi pada tubuh akibat pola makan yang tidak teratur, mengkonsumsi makanan berlemak tinggi, mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak dan tinggi garam. Hipertensi juga dapat terjadi akibat setres atau terlalu banyak pikiran dan kurang berolah raga. Gejala awal dari Hipertensi sendiri di tandai dengan kepala pusing, mudah merasakan lelah, merasa kesemutan di bagian badan dan gejala yang lebih parah terjadinya mimisan pada hidung. untuk mengatasi ini bisa dengan menjaga pola makan yang teratur juga banyak beraktifitas dengan berolah raga. Dan dengan mengetahui gejala awalnya maka kita dapat mengurangi dampak dari darah tinggi dengan mengkonsumsu buah buahan seperi alpokat dan belimbing wuluh dan lakukan pengecekan rutin terhadap tekanan darah juga mengkonsumsi obat herbal sesuai dengan anjuran yang dianjurkan .

Sumber refrensi :
http://obat-darah-tinggi.com/
https://mediskus.com/penyakit/tekanan-darah-tinggi
http://penyebabdarahtinggi.agaricpro.com/
http://halosehat.com/penyakit/darah-tinggi/cara-mengatasi-darah-tinggi

image : pixabay.com