Breaking News
Join This Site
Cara mengatasi biang keringat yang sangat mengganggu

Cara mengatasi biang keringat yang sangat mengganggu

Apa itu biang keringat?

Biang keringat adalah suatu keadaan dimana kelenjar keringat yang ada pada tubuh kita tidak mengalami penguapan yang sempurna yang menyebabkan iritasi pada kulit akibat jamur yang di sebut dengan jamur ragi alami pada tubuh manusia.

Biang keringat umumnya muncul akibat suhu udara atau cuaca yang tinggi yang mengakibatkan produksi minyak pada tubuh manusia menjadi berlebihan dan ditambah lagi kelembapan yang terjadi akibat baju atau pakaian yang kita kenakan.

Bagaimana gejala biang keringat pada tubuh ?

Gejala yang terjadi umunya kulit terasa gatal, lalu dilanjutkan dengan keadaan kulit menjadi bewarna kemerahan dan memiliki rasa terbakar di atas kulit dan terlihat berpecah-pecah, hal ini bisa bertambah parah apabila sehabis beraktifitas atau berolah raga kita tidak langsung mengganti baju dengan baju yang baru, bersih atau kering, dan pemakain baju yang ketat juga bisa menambah iritasi yang terjadi. Pada umunya biang keringat terjadi di daerah daerah tubuh yang rentang terhadap gesekan seperti ketiak, paha, lipatan lutut atau selangkangan kaki. 

Apa saja yang harus dilakukan apabila biang keringat sudah terjadi ?

Apabila biang keringat sudah terlanjur terjadi maka langkah-langkah kita untuk meminilisir dampak yang terjadi yaitu dengan cara:

  1. Segera ganti pakaian dengan menggunakan pakaian yang bersih
  2. Carilah tempat yang teduh untuk meminilisir keringat yang terjadi
  3. Hidari pemakaian baju dengan bahan serat sintetis
  4. Jangan memakai pakaian yang ketat
  5. Hindari pemakaian saleb yang bisa menambah kelembapan kulit yang menyebabkan jamur       berkembang
  6. Hentikan pemakain produk  perawatan kulit baru dan segera bersihkan
  7. Gunakan pendingin ruangan atau kipas angin disekitar kulit yang terkena iritasi 
  8. Jangan menggaruk bagian kulit yang terasa gatal untuk menghindari.


Bagai mana cara mengobati biang keringat?

Setelah kita melakukan pertolongan pertama yang ada diatas maka selanjutnya kita dapat mengobati kulit yang terkena biang keringat ini. Ada beberapa cara mengobati biang keringat ini dan anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa cara berikut 

  1.  Mandilah dengan air hangat dengan menggunakan sedikit baking soda dengan takaran 2 sendok teh pergalon.
  2. Gunakan ramuan seperti bubuk ketumbar dan bubuk cendana dengan takaran masing-masing 2 sendok makan lalu tambahkan air mawar untuk membuatnya kental seperti pasta lalu oleskan di bagian kulit yang teriritasi dan biarkan mengering dan selanjutnya bilas dengan air.
  3. Gunakan tepung jagung dan tepung sereal dan campur dengan air secukupnya hingga membentuk pasta yang kental. Oleskan pada biang keringat dan biarkan kering lalu bilas dengan menggunakan air yang dingin. 
  4. Oleskan madu alami secara menyeluruh kepermukaan kulit yang iritasi.
  5. Lidah buaya dapat juga digunakan untuk mengobati iritasi ini pada kulit yaitu dengan menggoleskan gel yang terdapat pada lidah buaya di permukaan kulit.
  6. Untuk  meredakan rasa gatal yang terjadi anda bisa menggunakan es batu dan mengolesinya di sekitar kulit yang terasa gatal.
  7. Apa bila iritasi yang terjadi sangat parah pada kulit segerahlah konsultasi pada dokter penyakit kulit untuk mengindari hal-hal yang lebih parah dan mengetahui apakah ada hal lain yang menyebabkan biang keringat ini menjadi lebih parah.
Biang keringat walaupun tidak terlalu berbahaya namun sangat mengganggu aktiftas kita sehari-hari dan apabila dibiarkan dikhawatirkan terjadi hal-hal yang lebih parah seperti demam tinggi akibat infeksi pada kulit kita.

Kesimpulan.

Dengan mengetahui gejala-gejala yang terjadi pada biang keringat dan melakukan pertolonganpertama dapat mencegah hal yang lebih serius akibat masalah biang keringat ini. usahakan penyembuhan dengan mengguanakan bahan-bahan alami yang membantu proses penyembuhan biang keringat dan apabila biang keringat ini tidak kunjung sembuh atau bertambah parah segeralah berkonsultasi dengan dokter kulit dirumah sakit untuk menghindari hal yang lebih serius lagi.

Sumber referensi : 
https://www.rexona.co.id/zona-keringat/sweat-rash.html, 
https://inti-kesehatan.blogspot.co.id/2013/05/10-cara-mengatasi-biang-keringat.html
http://hariansehat.com/cara-efektif-mengatasi-biang-keringat/

image : pixabay.com