Breaking News
Join This Site
Buah Mangga manfaat dan kegunaannya

Buah Mangga manfaat dan kegunaannya

Penjelasan

Buah mangga adalah buah yang termasuk dalam golongan marga mangifera yang terdiri dari 35 sampai 40 anggota dan anarcadiaceae yang dikenal dengan nama ilmiah mangifera indica. Pohon mangga termasuk kedalam golongann tumbuhan berkayu yang memiliki tinggi batang pohon lebih dari 5m. Nama buah mangga sendiri berasal dari malaya mangga, yang di serap kedalam suku bahasa indonesia yang kini dikenal dengan sebutan mangga, buah mangga juga termasuk kedalam kelompok buah batu yang berdaging dengan ukuran dan bentuk yang serupa baik itu berbentuk bulat lonjong atau seperti telur karena banyak jenis dari buah mangga ini.


Ciri-ciri buah mangga dan pohon buah mangga
Buah-mangga

Pohon buah mangga memiliki ciri-ciri tinggi batang yang bisa mencapai tinggi hingga 40 meter, bentuk pohonnya sendiri berbentuk tinggi bercabang dengan banyak cabang, dimana setiap cabang biasanya memiliki buah mangga yang tumbuh. Daun buah mangga sendiri merupakan daun yang berbentuk tunggal dan bertumbuh lebat yang memiliki tangkai daun dengan ukuran 1,25 sampai 1,5 cm, untuk bunga yang terdapat dalam pohon buah mangga tergelong dalam bunga yang majemuk yang bewarna kuning kehijauan dengan berkelamin campuran, memiliki panjang hingga 40cm. Buah dari pohon mangga yang memiliki umur muda bewarna kuning kehijauan dengan ukuran buah dari 2,5 sampai 30 cm. Buah mangga ada yang berukuran kecil dan besar sesuai dengan jenis jenis dari buah mangga itu sendiri dan bagaimana cara pembudiyaannya. Buah mangga dapat tumbuh di daerah yang beriklim tropis dan memiliki kandungan nutrisi tanah yang cukup untuk pertumbuhan pohon buah mangga. 

Tempat Pertumbuhan pohon buah mangga

Pohon buah mangga sangat cocok di taman di daerah yang kering dengan asumsi kering tanah yang mencapai umur 3 bulan hal  ini diperlukan sebagai pertumbuhan bunga dari pohon mangga itu sendiri, sedangkan untuk kadar PH keasaman tanah yang cocok sebagai tempat pertumbuhan pohon buah mangga ini sekitaran 5,5 sampai 7,5 dan di usahakan jangan menamannya dibawah PH tersebut. Pohon buah mangga tidak cocok di tanam di daerah yang basah karena akan mengakibatkan pohon mudah terkena seranga hama dan penyakit serta mengakibatkan keguguran dari pertumbuhan pohon mangga ini. 

Pembudidayaan Buah mangga

Cara pembudidayaan buah mangga ini terbilang susah susah gampang. Sebelum melakukan penanaman hal yang harus kita lakukan adalah menyiapkan lahan yang cocok untuk kita tanamin. Bersihkan lahan yang akan kita tanamin dari tumbuhan lain agar tidak mengganggu proses pertumbuhan pohon mangga ini. Buatlah jarak antara tanaman satu dengan lainnya sekitaran 10 m kemudian galihlah lubang penanaman dengan kedalam setengah meter dan kemudian masukkan bibit buah mangga ini dan berikan pupuk kandang lalu biarkan selama 3 hari. setelah 3 hari lakukan penyiraman pagi dan sore hari lakukan perawatan lahan dari tumbuhan tumbuhan liar di sekitaran tanaman yang kita tanam bibit tersebut, Lakukan pengemburan tanah di sekitaran pohon buah mangga agar tidak terjadi pemadatan lahan, lakukan peminiman tunas agar buah mangga dapat cepat berbuah dan bersihakan atau lakukan pengendalian hama yang ada di sekitaran pohon mangga agar pohon dapat tumbuh dengan bagus dan sehat. lakukan pemupukan secara bertahap dan hal ini diperlukan pengetahuan anda seputar pemberian upuk terhadapat pohon mangga. 

Massa panen Buah mangga

Buah mangga umunya dapat dipanen apabila sudah memiliki umur sekitar 3 sampai 4 bulan dengan rata rata usia dari 58 sampai 119 hari setelah berbuah dari pohon mangganya. Warna buah mangga ini sendiri sudah memiliki warna buah yang layaknya sudah matang dan beraroma harum dan pada umunya di tandai dengan adanya buah yang jatuh dari pohonnya akibat pematangan buah yang terjadi di pohon.Namun untuk penanaman yang menggunakan sistem percangkokan umunya memiliki massa panen hingga 6 tahun.

Pengolahan buah mangga

Buah mangga dapat diolah menjadi berbagai masakan juga minuman. Pengolahan buah mangga paling banyak diolah sebagai minuman jus namun ada juga pengolahan buah mangga menjadi manisan dan bahan penambahan dalam pembuatan kue. Buah mangga tergolong mudah pengolahannya dan banyak kita jumpai di berbagai daerah yang mengelolah buah mangga ini sebagai makanan pembuka ataupun penutup hidangan utama dan tentunya dalam keadaan yang sudah diolah oleh para master masakan dan minuman olahan.

Kandungan yang terdapat dalam buah mangga

Nilai Kandungan gizi yang terdapat dalam buah mangga dengan asumsi per 100 g adalah
3.5 oz, Energi 272 kJ (65 kcal)
Karbohidrat 17,00 g 
Gula 14,8 g 
Diet serat 1,8 g
Lemak 0,27 g
Protein 0,51 g
Vitamin A equiv. 38 mg (4%)
Beta-karoten 445 mg (4%)
Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%)
Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%)
Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%)
Vitamin B6 0,134 mg (10%)
Folat (Vit. B9) 14 mg (4%)
Vitamin C 27,7 mg (46%)
Kalsium 10 mg (1%)
Zat Besi 0,13 mg (1%)
Magnesium 9 mg (2%)
Fosfor 11 mg (2%)
Kalium 156 mg (3%)
Seng 0,04 mg (0%).

Manfaat buah mangga

Dengan kandungan yang terdapat dalam buah mangga itu sendiri dan dengan mengkonsumsinya sesuai kebutuhan tubuh kita maka buah mangga dapat memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Mencegah penyakit jantung
2. Mengurangi diabetes
3. Mencegah penyakit kangker
4. Membantu proses pencernaan
5. Sebagai zat besi untuk wanita
6. Menjaga kadar kolesterol
7. Dapat menyehatkan mata
8. Pencegahan terhadapat penyakit asma
9. Dapat menjaga kecantikan kulit
10. Menghilangkan bau badan yang berlebihan
11. Mengobati penyakit influenza
12. Mencegah gusi bedarah
13. Mencegah penyakit rematik
14. Membantu penuaan dini 
15. Mencegah infeksi
16. Mengobati gangguan menstruasi
17. Menjaga kesehatan mulut dan tenggorokkan
18. Membantu proses pembersihan darah
19. Dapat menurunkan panas tubuh
20. Mengurangi dampak cacingan
21. Melindungi proses pencernaan makanan
22. Membantu proses regenerasi kulit

Kesimpulan

Buah mangga yang merupakan buah pohon berbatang dan bercabang dapat dengan mudah untuk di lakukan pembudidayaan nya serta perawatan yang maksimal dapat menghasilakan buah mangga yang berkualitas yang dapat kita olah menjadi berbagai makanan dan minuman yang dapat kita konsumsi. Dengan kandungan gizi dan vitamin yang terdapat dalam buah mangga menjadikan buah mangga berguna dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta proses penyembuhan penyakit dan tentunya dengan mengkonsumsinya sesuai dengan kubutuhan tubuh kita terhadap vitamin dan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

2 komentar

avatar

Wah banyak banget ya manfaat 1 buah aja, harus rajin makan buah nih hehe

Balas
avatar

ia mas walaupun begitu tetap kita mengkonsumsinya sesuai dengan kebutuhan tubuh kita dan jangan berlebihan

Balas