Breaking News
Join This Site
Buah Apel dan Manfaat Mengkonsumsinya

Buah Apel dan Manfaat Mengkonsumsinya

Apa itu buah apel ?

Buah apel ditanam pertama kali di daerah Asia Tengah, namun kini buah apel dapat berkembang di daerah yang suhunya terbilang lebih dingin. Dalam bahasa latin, pohon buah apel di sebut juga dengan nama Malus domistika sedangkan apel yang dibudidayakan saat ini merupakan keturunan dari Malus sieversii yang berasal dari Asia Tengah. Bila  di lihat dari jenis klasifikasi ilmiahnya, pohon apel atau Malus domistika memiliki nama kingdom Planteae yang termasuk dalam divisi magnoliophyta dan berasal dari kelas magnoliopsida yang merupakan ordo Rosales keturunan family Rosaceae. Adapaun sub familinya Maloideae atau Spiraeoideae yang merupakan bangsa Maleae dari Genus Malus Spesis M domestika .

Bagaiman Ciri-ciri Buah Apel ?

Buah-Apel

Buah Apel memiliki ciri-ciri fisik dengan warna kulit bewarna merah bila mengalami pematangan, namun jangan salah karena buah apel juga ada yang bewarna hijau bahkan bewarna kuning dan tergantung terhadap jenis apel itu sendri. Pohon apel merupakan pohon yang berdaun gugur yang memiliki tinggi diantara 3 sampai 12 meter serta memiliki banyak ranting, sedangkan daun pohon buah apel sendiri berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 5 sampai 12 cm dan lebar 3 sampai 6 cm.

Seperti apa tempat pertumbuhan Pohon Apel ?

Tempat yang ideal untuk pertumbuhan buah apel adalah daerah yang memiliki curah hujan sekitar 1000-2600 per tahunnnya dengan asumsi hari hujan antara 110-150 pertahunnya. Dengan kelembapan suhu di sekitaran 16-17 derajat celcius sekitar 75-85 persen dalam media tanam. Untuk daerah keasaman ph yang cocok berada di angka 6-7 dengan kandungan air yang dibutuhkan cukup tersedia.Tanaman ini dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian 700-1200 dari permukaan laut .

Bagai mana Pembudidayaan Buah Apel ?

Sebelum melakukan penanaman bibit buah apel, hal yang pertama harus kita lakukan adalah penyiapan lahan untuk penanaman bibit buah apel. Pilihlah lahan tanah yang mengandung nutrisi yang baik dan lakukan pencampuran pupuk kandang untuk kondisi tanah yang lebih baik dengan kandungan ph tanah sekitar 6-7 dan jagalah kelembapan tanah dengan melakukan penyiraman rutin terhadapat lahan pembibitan buah apel tadi. Setelah lahan selesai disiapkan maka selanjutnya tanamlah bibit buah apel yang kita pilih dengan jarak sekitar 2 sampai 3 meter diantara setiap bibit yang kita tanam. Setelah  melakukan penanaman  bibit langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan bibit buah apel yang kita tanam dengan melakukan pemupukan secara rutin dan penyiraman lahan untuk menjaga kelembapan tanah agar buah apel dapat tumbuh dengan baik. Setelah pohon apel memiliki daun maka lakukanlah pemangkasan rutin dan pemilihan dahan yang tidak produktif dalam pertubuhannya agar buah apel tidak terhambat dalam mengalami peruses pertumbuhan dan lakukan penyemprotan pestisida sebagai penegendalian hama yang dapat merusak tanaman dan buah agar dapat menghasilkan hasil panen yang lebih maksimal.

Kapan massa panen buah Apel ?

Untuk masa panen buah apel nya sendiri pada umumnya buah dapat di panen bila sudah berumur sekitar 4 sampai 5 bulan setelah bunga mekar yang dapat dipengaruhi oleh keadaan iklim dan varietas dari buah apel itu sendiri namun pada curah hujan yang tinggi atau pada musin penghujam dan pohon berada ditempat yang lebih tinggi maka umur buah apel dapat lebih panjang dari biasanya. Buah yang dapat dipanen biasanya memiliki ciri ciri fisik seperti ukuran buah yang sudah maksimal dan memiliki aroma khas buah apel dan berstektur keras namun lembut.

Apa saja pengolahan Buah Apel?

Buah apel dapat diolah menjadi beraneka ragam makanan dan minuman. Di Amerika serikat pastilah kita tau kue yang terkenal dengan sebutan kue pie dan biasanya salah satu bahan pembuatan kue ini adalah buah apel. Selain dapat di jadikan dalam proses pembuatan kue, buah apel dapat di hidangkan menjadi minuman jus yang segar yang di oleh dengan campuran yang pas yang dapat melepaskan dahaga setiap orang yang meminumnya. Diluar negeri apel juga di jadikan sebagai bahan pembuatan minuman berakhohol dari hasil proses fermentasinya. Buah apel juga dapat di jadikan permen untuk anak anak dengan pengolahan yang benar.

Kandungan apa saja yang terdapat dalam 100gr buah apel ?

Selain rasa yang dapat memuaskan dahaga, buah apel juga mengandung berbagai macam vitamin dan zat yang terdapat didalamnya dimana dalam 100 gr (3,5 oz ) buah apel dapat mengandung :

1. Energy sebanyak 218 kJ (52 kcal)
2. Karbohidrat sebanyak 13.81 g
3. Gula sebanyak 10.39 g
4. Serat pangan sebanyak 2,4 g
5. Lemak sebanyak 0,17g
6. Protein sebanyak 0,26 g
7. Air sebanyak 85,56 g
8. Vitamin A 
9. Tiamina ( Vit B1 ) sebanyak 0,017 mg (1%)
10. Riboflavin (Vit B2) sebanyak 0,026mg (2%)
11. Niasin ( Vit B3 ) sebanyak 0,091 mg (1%)
12. Vitamin B6 sebanyak 0,041 mg (1%)
13. Vitamin C sebanyak 4,6 mg (8 % )
14. Asam Pantotenat (B5) Sebanyak 0,061 mg (1%)
15. Folat ( Vit B9) 
16. Kalsium sebanyak 6 mg (1%)
17. Zat besi sebanyak 0,12 mg ( 1%)
18. Magnesium sebanyak 5 mg (1%)
19. Zink sebanyak 0,04 mg (1%)
20. Fosfor sebanyak 11 mg (2%)
21. Kalium sebanyak 107 mg (2%)

Apa manfaat buah Apel ?

Dengan kandungan yang terdapat dalam buah apel baik itu vitamin dan zat yang baik untuk fungsi tubuh, buah apel dapat bermanfaat sebagai : 

1. Mengurangi resiko kangker paru-paru
2. Mengurangi resiko kanker usus besar
3. Mengurangi resiko kanker prostat
4. Mengurangi resiko penyakit jantung
5. Mengontrol kolesterol dan mencegah reabsorpsi pada tubuh
6. Membantu proses penyembuhan asma
7. Membantu proses pelindungan tulang dalam tubuh
8. Dapat mencerahkan wajah 
9. Menjaga kelembapan kulit
10. Mengurangi penuaan dini pada kulit
11. Membantu proses pertukaran sel  kulit mati
12. Membersihakan mulut dan bau mulut
13. Mencegah dehidrasi tubuh
14. Menangkal radikal bebas
15. Meningkatkan system kekebalan tubuh
16. Membantu menjaga kesehatan mata

Dengan mengkonsusmsinya sesuai dengan kebutuhan tubuh kita dan tidak secara berlebihan buah apel memang memiliki banyak manfaatnya seperti yang di sebutkan diatas disamping manfaat-manfaatnya yang lain.

Kesimpulan 

Buah apel adalah buah yang sangat di gemari oleh banyak masyarakat, dari kemudahan proses pembudidayaannya hingga hasil pengolahan dari panen buah apel ini, buah apel memiliki dampak positif bagi masyarakat, disamping memperoleh keuntungan dari hasil pembudidayaan,  buah apel ini banyak sekali manfaat yang di dapat dengan mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan buah apel mengandung berbagai macam zat positif yang dibutuhkan oleh tubuh kita, namun tentunya dengan mengkonsumsi buah apel  secara tidak berlebihan sesuai kebutuhan tubuh kita dan tentunya didampingi dengan makanan yang lain agar dapat lebih maksimal dalam  menjaga kesehatan tubuh kita dan terhindar dari berbagai penyakit.