Breaking News
Join This Site
Gelar sarjana pendidikan dalam dunia kerja

Gelar sarjana pendidikan dalam dunia kerja

gelar sarjana pendidikan dan dunia kerja
pixabay.com


Intips viral - Gelar sarjana pendidikan dalam dunia kerja memang menjadi faktor pendukung seseorang untuk mendapatkan nilai lebih dalam mendapatkan pekerjaan. Pada umumnya suatu perusahaan tertentu selalu ingin mendapatkan pekerjanya yang memperoleh gelar sarjana yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Namun tak jarang pula kita menjumpai beberapa tempat dimana gelar sarjana pendidikan yang ia miliki tidak sesuai dengan pekerjaan yang ia kerjakan. Hal ini mungkin saja terjadi dimana setiap perusahaan pasti memiliki kriteria tertentu dalam memilih pekerjanya disamping gelar sarjana yang ia miliki.

Disamping gelar sarjana pendidikan yang dimiliki seseorang, perusahaan pada umumnya mencari seorang pekerja yang sudah memiliki pengalam kerja. Entah itu setahun, dua tahun atau mungkin lima tahun. Dalam hal ini biasanya perusahaan membutuhkan kandidat yang sudah mengetahui tentang seluk beluk pekerjaan yang akan dia jalani nanti. Namun demikian gelar sarjana pendidikan bagi sebagian perusahaan tidak mematokkannya secara serius. Tentunya dalam hal ini perusahaan akan menilai seseorang dari setiap tingkah laku dan psikologinya serta pengetahuan yang ia miliki. Pada masa sekarang, tidak menjadi patokan bahwa gelar sarjana pendidikan yang ia raih menggambarkan bahwa ia menguasai pendidikan berdasarkan gelarnya tersebut. Oleh karena itulah banyak para lulusan baru yang baru menyelesaikan perkuliahaanya sulit untuk mendapatkan pekerjaan disamping faktor lainnya.

lalu apakah gelar sarjana pendidikan penting dalam dunia kerja.?
Tentu saja ini tetap merupakan hal penting bagi perusahaan karena tidak mungkin seorang bidan menguasai pekerjaan tekhnik mesin atau sipil terlepas dari faktor internal yang ada. Sebelum memilih jurusan dan memperoleh gelar sarjana pendidikan tertentu hendaknya kita mengetahui dahulu kedapannya jurusan mana yang mudah untuk memperoleh pekerjaan nantinya setelah lulus agar kelak lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Dalam dunia kerja, seseorang  yang mendapatkan gelar sarjana pendidikan akan lebih menarik bagi suatu perusahaan pada tahap awal penerimaan lalu setelah itu semua tergantung kepada kemampuan anda dan psikologi anda dalam menghadapi semua tes dalam mendapatkan pekerjaan. Faktor lain yang menjadi penting dalam hal ini adalah seberapa mampukah kita mempertahankan gelar berdasarkan jurusan kita tersebut, dalam hal ini adalah penguasaan kita terhadap segala ilmu yang kita dapatkan sewaktu di perkuliahan.

Banyak mungkin dari kita yang sudah memperoleh sarjana pendidikan namun susah untuk mendapatkan pekerjaan. Dalam hal ini kita tidak boleh berkecil hati untuk menanggapinya, karena kita mengetahui bahwa setiap tahunnya universitas selalu menghasilkan lulusan baru yang berdampak berkurannya lowongan atau ketidak cukupan lowongan pekerjaan dengan jumlah mahasiswa yang lulus dari universitas. 

Untuk itulah gelar sarjana pendidikan didapatkan untuk mengubah pola pikir kita dalam dunia pekerjaan. Pilihan ada pada diri kita sendiri yaitu memanfaatkan gelar sarjana yang kita miliki untuk berusaha bekerja diperusahaan tertentu atau memanfaatkannya untuk membuka lowongan pekerjaan untuk sarjana lainnya. Semua keputusan ada di tangan kita. Untuk itu pikirkanlah apa yang akan kita lakukan terhadap gelar sarjana pendidikan yang kita dapat dalam dunia pekerjaan.