Breaking News
Join This Site
Daun Pepaya dan Manfaatnya

Daun Pepaya dan Manfaatnya

Daun Pepaya

Daun pepaya adalah daun yang berbentuk menjari seperti tangan manusia dan apabila kita melipatnya maka daun pepaya akan berbentuk simetris dimana ujung satu sama lain akan berjumpa. Daun pepaya umumnya di konsumsi oleh masyarakat sebagai lalapan dan penambah hidangan. Daun pepaya ini memiliki rasa yang pahit bewarna hijau yang di dapat dari pohon pepaya.
Menurut sejarahnya pohon pepaya ini berasal dari negara Amerika utara tepatnya di negara Meksiko. Walaupun daun pepaya memiliki rasa yang pahit namun banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan dengan mengkonsumsi daun pepaya ini. Sebelum kita membahas tentang khasiat dan kegunaan daun pepaya ini ada baiknya kita mengetahui kandungan gizi seperti apa yang sebenarnya yang terdapat didalam daun pepaya ini.

Daun-Pepaya


Kandungan Daun Pepaya

Daun Pepaya memiliki banyak kandungan gizi yang terdapat didalamnya diantaranya :
  1. Mengandung vitamin A 18250 SI
  2. Mengandung vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram
  3. Mengandung vitamin C 140 miligram per 100 gram
  4. Mengandung kalori sebesar 79 kal per 100 gram
  5. Mengandung protein sebesar 8,0 gram per 100 gram
  6. Mengandung lemak sebesar 2,0 gram per 100 gram
  7. Mengandung karbohidrat sebesar 11,9 gram per 100 gram
  8. Mengandung kalsium sebesar 353 miligram per 100 gram
  9. Mengandung air sebesar 75,4 gram per 100 gram
Kandungan yang terdapat dalam daun pepaya ini tentunya akan bermanfaat dalam kesehatan tubuh dan tentunya mengkonsumsinya secara tidak berlebihan, lalu khasiat seperti apa sih yang terdapat dalam daun pepaya ini .?

Khasiat mengkonsumsi daun pepaya

Dengan kandungan yang telah di jelaskan diatas sebelumnya maka daun pepaya memiliki berbagai macam manfaatnya bila kita mengkonsumsi daun pepaya tersebut. Diantara banyak nya khasiat yang bisa kita dapatkan dari daun pepaya ini berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan bila kita mengkonsumsi daun pepaya ini:

1. Sebagai Obat penyakit batu ginjal
Untuk dapat digunakan sebagai obat batu ginjal maka daun pepaya ini kita ambil beberapa lembarnya kemudian kita cuci bersih lalu kita rebus dengan menggunakan air. Setelah direbus lalu kita minum air rebusan ini desertai dengan air kelapa muda. Namun cara ini jangan dilakukan bagi pengidap penyakit hiper tensi .
 2. Sebagai Obat Disentri
Untuk mengobati penyakit disentri dapat dilakukan dengan cara merebus 2 lembar daun pepaya dengan 1 liter air dan tambahkan 1 sendok teh bubuk kopi setelah matang lalu saring air rebusan dan minum secara teratur tiap hari dengan 1 cangkir setiap 1 hari.

3. Sebagai Obat keputihan pada wanita
Keputihan pada wanita memang mengganggu namun dengan mengambil 1 lembar daun pepaya yang di rebus dengan 1,5 liter air bersama 50 gram alang-alang dan pulasari yang kemudian disaring dan diminum tiap hari 1 kali dapat mengobati keputihan pada wanita..

4. Dapat menyehatkan kulit
Kandungan yang tinggi akan vitamin E, A dan C pada daun pepaya dapat membantu proses kesehatan pada kulit seperti jerawat dan kerutan pada wajah.
5. Mengobati penyakit kulit Eksema
Eksema adalah penyakit kulit yang ada pada manusia, untuk menyembuhkan penyaki eksim atau eksema ini dilakukan dengan cara menempelkan daun pepaya yang sudah di cuci bersih di area kulit yang terkena penyakit ini.

6. Mengatasi noda hitam pada wajah
Untuk mengobati ini maka kita dapat lakukan dengan cara menghaluskan daun pepaya seperti ditumbuk atau di belender yang di tambahkan air secukupnya, lalu ambil sari dari daun pepaya yang telah kita tumbuk tadi untuk dicampurkan dengan masker yang kemudian dioleskan pada wajah sekitar 15 menit lalu basuh dengan air hangat sampai bersih.


7. Membantu menghilangkan rasa nyeri pada saat haid
Dengan mencampurkan 1 lembar daun pepaya mentah disertai dengan asam jawa,dan garam yang kemudian direbus sampai matang untuk selanjutnya diminum maka akan mengurangi rasa nyeri pada saat haid.

8. Dapat membantu mengobati penyakit demam berdarah
Deman berdarah memang penyakit yang mengerikan namun proses pembantuan penyembuhannya dapat dilakukan dengan cara mencampurkan temulawak dengan 5 lembar daun pepaya bersih dan tambahkan gula merah serta meniran secukupnya lalu rebus semua bahan tersebut hingga masak lalu minum air hasil rebusan secara teratur hingga demam berdarah sembuh.

Selain manfaat diatas yang bisa kita dapatkan dari daun pepaya ini, masi banyak lagi yang bisa kita peroleh manfaatnya seperi melancarkan asi ibu yang sedang menyusui, memperkuat tulang dan gigi, mengobati ketombe, membantu sistem pencernaan dan masi banyak lagi. Namun mengkonsumsi daun pepaya bagi wanita hamil sangat tidak dianjurkan karena akan berdampak buruk bagi kelangsungan janin dalam rahim.

Kesimpulan

Daun pepaya memang memiliki rasa yang pahit walaupun demikian daun pepaya ini umumnya sering di konsumsi sebagai lalapan bagi masyarakat indonesia. Banyak kandungan yang terdapat didalam daun pepaya ini bila kita mengkonsumsinya tidak secara berlebihan. Salah satu manfaat yang bisa kita dapat dari daun pepaya ini adalah dapat mengobati penyakit seperti demam berdarah dengan meminum air hasil rebusan dari daun pepaya yang ditambahkan dengan temulawak dan gula merah serta meniran secukupnya . Namun demikian mengonsumsi daun pepaya harap di hindarkan bagi wanita hamil karena kan dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan janin pada rahim. Dengan mengkonsumsi daun pepaya sesuai dengan kebutuhan dan tidak secara berlebihan maka dapat menjaga kesehatan dan kesimbangan tubuh kita.

Baca juga berbaga macam vitamin dan manfaatnya

Sumber refrensi :
http://www.akusehatku.com/2013/06/10-manfaat-khasiat-daun-pepaya.html
https://mediskus.com/herbal/20-manfaat-daun-pepaya-beserta-efek-sampingnya
https://id.wikipedia.org/wiki/Daun_pepaya

Image : pixabay.com