Breaking News
Join This Site
Cara intips memeriksa laptop yang mati tiba-tiba sebelum membawanya ketempat service

Cara intips memeriksa laptop yang mati tiba-tiba sebelum membawanya ketempat service

pixabay.com

Halo sobat intips. kali ini intips viral akan membahas seputar tips buat sobat intips bagai mana cara kita memeriksa sebuah laptop sebelum kita membawanya ketempat service. Pada umumnya kinerja laptop yang sobat intips lakukan berbeda-beda. Namun walaupun berbeda-beda tidak ada salahnya kita membahas ini kan sobat intips. Bila sobat intips mengalami hal dimana pada saat sobat intips sedang mengerjakan sesuatu tiba-tiba saja laptop sobat intips mati mendadak atau mati tiba-tiba dan kemudian pada saat sobat intips ingin menghidupkannya kembali laptop tersebut tidak mau menyala. Lalu apa yang salah? apakah harus kita langsung membawanya ketempat service?.
Tenang sobat intips tidak perlu panik. Pada dasarnya laptop yang mati secara tiba-tiba di karenakan jam kerja laptop itu sendiri yang berlebihan di samping terkan air atau benturan yang keras ya sobat intip. Nah ini umumnya terjadi bila laptop dalam keadaan panas yang berlebihan. Intips kali ini diberikan bukan karena artikel lain yang ada namun berdasarkan pengalaman yang terjadi dari intips viral sendiri.

Sebelum kita membahas cara memeriksa laptop yang mati secara tiba-tiba ada baiknya kita kenali dulu beberapa masalah yang menyebabkan laptop tersebut mati secara mendadak. Lalu apa saja yang membuat laptop mati secara mendadak berikut beberapa hal yang menyebabkan laptop sobat intips mati secara mendadak.

1. Guncangan yang berlebihan.
Maksud dari perkataan ini sobat intips adalah dimana sobat intips selalu membawa kemana saja laptop sobat intips yang tanpa sobat intips sadari laptop sobat intips mengalami benturan baik itu sengaja ataupun tidak. Laptop pastilah rentang terhadap benturan yang terus saja terjadi walaupun sobat intips membawanya dengan menggunakan tas. Guncangan yang terjadi bisa saja menyebabkan beberapa komponen menjadi tidak bekerja semestinnya.

2. Terkena air.
Ya salah satu faktor lainnya yaitu terkena air, baik itu air hujan atau air minum yang tumbah. Tanpa sobat  intips ketahui bahwa laptop sudah terkena air lalu sobat intips menghidupkan laptop sobat maka kumungkinan besar akan terjadi kosleting pada laptop sobat intips yang menyebabkan laptop sobat intips mati secara mendadak.

3. Kemasukan binatang kecil.
Sobat intips jangan sembarangan meletakkan sobat intips pada tempat-tempat yang sering didatangi oleh binatang kecil, misalnya saja semut. Entah itu karena makanan manis yang pernah masuk ke sela-sela laptop tanpa sobat sadari yang menyebabkan semut ataupun binatang kecil lainnya untuk datang menghampiri laptop sobat intips. Bila hal ini terjadi maka dipastikan akan terjadi korsleting yang ditandai dengan layar yang mati hidup beberapa kali yang kemudian mati secara total namun indikator lampu menyala.

4. Kinerja laptop yang berlebihan.
Untuk sobat intips yang aktif menggunakan laptop pastilah selalu menggunakan atau memainkan laptop secara terus menerus bahkan sambil di carger. Hal ini bisa menyebabkan laptop menjadi panas secara berlebihan yang menyebabkan laptop mati secara mendadak. Hindari penggunaan laptop secara berlebihan apalagi tidak dibantu oleh alat pendingin seperti kipas external hal ini bisa menyebabkan prosessor menjadi panas dan dalam kasus yang lebih berat terbakarnya prosessor pada laptop sobat intips.

Dari beberapa hal diatas yang menyebabkan laptop sobat intips mati secara mendadak, ada baiknya sobat intips melakukan hal-hal berikut terlebih dahulu untuk memastikan sebelum sobat intips membawanya ke tukang servis laptop. Berdasarkan pengalaman intips viral setelah melakukan langkah-langkah berikut alhamdulillah laptop kembali menyala. Lalu langkah apa saja yang bisa kita lakukan untuk memeriksa laptop yang mati mendadak secara tiba-tiba?. Berikut langkah-langkah yang bisa sobat intips lakukan sebelum membawanya ketempat service.

1. Coba untuk melepaskan batre yang ada pada laptop sobat intips, setelah sobat intips melepaskan batre pada laptop selanjutnya sobat intips tekan tombol power pada laptop selama satu menit untuk menghilangkan sisa-sisa arus yang  masih tertinggal pada laptop lalu setelah satu menit sobat intips bisa memasang kembali batre sobat intips dan coba untuk menyalakannya.Bila menyala berarti hanya terjadi kosleting pada laptop sobat intips namun bagai mana bila tidak menyala? kita lanjut pada langkah berikutnya.

2. Lepas kembali batre sobat intips, lalu sambungkan carger sobat intips pada laptop dalam keadaan laptop tanpa batre dan coba sobat intips hidupkan. Bila hidup maka kerusakkan terjadi pada batre sobat intips dan sobat intips bisa menggantinya. Namun bila tidak menyala juga kita lanjut kelangkah berikutnya.

3. Lepas batre sobat intips pada laptop dan tekan tombol power selama 1 menit setelah itu sobat intips buka casing bagian bawah pada laptop sobat intips untuk cara membukanya bisa sobat lihat di google berdasarkan merek laptop sobat intips. Nah setelah terbuka sobat intips bisa melepas bagian memori ram pada laptop sobat intips dan bersihkan dengan menggunakan tisu yang bersih dan kering lalu sobat intips pasang kembali, ada baiknya sobat intips sekalian untuk membersihkan debu yang ada pada bagian kipas pendingin dan lainnya namun lakukan secara hati-hati agar tidak merusak komponen lainnya. Setelah itu sobat intips bisa pasang kembali dan coba untuk menyalakannya. Bila berhasil menyala berarti masalah dikarenakan kotoran yang menempel pada bagian dalam laptop atau memori. Lalu bagaimana bila tidak menyala, maka sobat intips bisa coba untuk mengganti memori dengan memori lainnya untuk memastikan kerusakan bukan pada ram memori. Bila sudah dilakukan namun laptop tidak mau menyala juga kita lanjut langkah berikutnya.

4. Bila lampu indikator menyala pada saat sobat intips menekan tombol power coba perhatikan bagian kipas pada laptop sobat intips apakah ikut berputar sesaat atau tidak. Bila tidak berputar maka kerusakan akibat panas yang berlebihan diakibatkan kipas pendingin pada laptop tidak mau menyala. Sobat intips bisa menggantinya dengan yang bagus.

5. Bila semua menyala namun layar tidak menampilakan tampilan sebagai mana mestinya maka sobat intips bisa melakukan pengecekkan dengan menyambungkan kabel VGA dari laptop ke layar external atau tv sobat intips yang ada colokkan VGA nya dan lihat apakah tampilan layar tampil atau tidak. Bila layar tampil pada layar external namun layar pada laptop tidak tampil maka kerusakkan terletak pada layar LCD sobat intips. sobat intips bisa menggantinya dengan layar LCD yang baru. 

Untuk beberapa kasus lainnya seperti kemasukkan binatang kecil pada laptop sobat intips, sobat intips bisa melakukan pembersihan dengan membongkar semua bagian casing pada laptop sobat intips mulai dari keyboard, layar dan juga bagian hardis dan memori. Perhatikan tiap bagian yang di hinggapi oleh binatang kecil tersebut, kita misalkan saja seekor semut. Maka sobat intips bisa melakukan pembersihan secara perlahan-lahan terhadap binatang kecil tersebut dari tiap-tiap bagian. Usahakan sampai tidak tersisa binatang kecil yang hinggap di dalam laptop sobat intips.

Bila semua cara diatas sudah sobat intips lakukan namun laptop masi dalam kondisi yang sama. Maka langkah terakhir adalah dengan melepaskan batre pada laptop sobat intip kemudian pencet tombol power selama satu menit kemudian sobat intips biarkan selama satu hari penuh dalam keadaan batre terlepas dari laptop. Jangan hidupkan laptop sobat intips selama satu hari penuh dan setelah itu pasang kembali batre sobat intips dan coba nyalakan. Pada kasus intips viral yang pernah mengalaminya pada kasus ini laptop kembali menyala. Namun bila tidak terjadi perubahan juga maka bisa dipastikan kerusakan terjadi pada mother board atau prosessor sobat intips.

Baca juga intips sebelum mendapatkan pekerjaan

Itulah beberapa intips yang bisa intips viral berikan kepada sobat intips apabila mengalami laptop mati secara mendadaka. Ada baiknya kita melakukan pengecekkan terlebih dahulu sebelum kita membawanya ketempat service untuk memastikan kerusakan yang terjadi. Di samping itu tentunya menambah pengetahuan kita untuk memahami laptop kita sendiri ya sobat intips. Mudah-mudahan tips kali ini bermanfaat dan dapat membantu sobat intips yang mengalami hal ini. Dan jangan lupa juga untuk membaca artikel-artikel intips viral lainnya untuk menambah wawasan kita. Silahkan untuk berkomentar seputar pengalaman sobat intips tentang hal diatas sebagai pembelajaran kita bersama dan sobat intips lainnya. Terimakash telah berkunjung dan salam cinta.