Breaking News
Join This Site
Buah Pisang dan Manfaatnya

Buah Pisang dan Manfaatnya

Buah Pisang

Penjelasan

Buah pisang adalah salah satu tumbuhan tropis yang banyak di jumpai di tanah Indonesia,  pada umumnya masyarakat Indonesia menyukai buah yang satu ini. Tumbuhan yang merupakan terna raksasa ini memiliki daun yang memanjang yang merupakan keturunan dari suku Musaceae, ada beberapa jenis buah pisang yang termasuk dalam suku musaceae seperti musa acuminate, musa balbisiana dan musa xpradisiasa yang pada umunya menghasikan buah yang dapat di komsumsi oleh masyarakat

Ciri – ciri
Buah-pisang

Buah pisang memiliki ciri ciri seperti tersusun dalam tandan serta berkelompok yang berbentuk menjari, masyarakat menyebutnya dengan bentuk bersisir.  Buah pisang umunya memiliki kulit yang bewarna kuning pada saat mengalami kematangan namun dari beberapa jenis buah pisang yang ada, sebagian buah pisang memiliki kulit yang bewarna jingga, ungu, hijau, merah dan hitam. 

Tempat pertumbuhan 

Buah pisang dapat tumbuh hampir disemua tempat di Indonesia, baik itu di pesisir pantai hingga dipertengahan penduduk Kota,  karena kemudahan nya yang mampu untuk beradaptasi dengan lingkungan setempat, penanaman buah pisang hampir bisa di lakukan disemua daerah di Indonesia yang beriklom tropis.

Pembudidayaan buah pisang

Dari segi pembudidayaan, buah pisang dapat dijadikan prospek yang cukup cerah. Buah pisang merupakan tanaman yang dapat tumbuh di iklim tropis baik mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi hingga mencapai ketinggian 1300 meter dari permukaan laut. Intensitas hujan yang cocok bagi tanaman ini berada disekitaran 1500 sampai dengan 2500mm pertahun dengan suhu mencapai 15-35 derajat celcius. Tanaman ini paling cocok di tanam didaerah pertanahan yang memiliki tekstur liat alluvial yang banyak mengandung bahan organik juga kalsium didalam kadandungan tanah nya. Dalam proses pembudidayaan, pastikan lahan pembibitan buah pisang terbebas dari gulma yang dapat membuat tanaman buah pisang ini menjadi lemah akibat perebutan nutrisi yang terjadi di dalam tanah. Untuk dapat mencapai hasil yang lebih maksimal, dalam pembibitan buah pisang dilakukan pemeliharaan rutin mulai dari tahap pemupukan, pengendalian hama hingga pembrongsongan tanda buah pisang.

Masa panen

Pada umumnya bauh pisang dapat dipanen setelah berumur 3-4 bulan yang dihitung dari mulainya mekar bunga pisang. Buah yang sudah dapat di panen memiliki ciri-ciri seperti  berbentuk membulat dan tidak ada lipatan yang berbentuk sudut tajam serta bunga yang terdapat pada pohon buah pisang sudah dalam keadaan mengering, untuk kulit buahnya sendiri, kulit buah pisang sudah mengalami perubahan warna menjadi hijau mudah dan diusahakan buah pisang ini jangan sampai jatuh ke tanah.

Pengolahan buah pisang

Buah pisang yang sudah matang dapat diolah menjadi beraneka ragam mekanan, baik itu dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat atau diolah dengan bahan lain untuk dijadikan bahan pembuatan kue atau bolu. Buah pisang juga dapat dijadikan minuman seperti jus, makanan penutup seperti kolak hingga dijadikan eskrim. Banyak sekali cara untuk dapat mengolah buah pisang ini menjadi beraneka ragam jenis makanan seperti salah satu yang terkenal dengan sebutan pisang saleh yang memiliki warna hitam dan rasa yang manis akibat dari hasil pengolahannya. 

Kandungan yang terdapat dalam buah pisang

Buah pisang yang seukuran 22 centimeter dapat mengandung 602 mg potassium sedangkan kalori yang terdapat  dalam buah pisang sebesar 140 kalori dengan ukuran yang sama juga mengandung 2 gram protein dan 4 gram serat. Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah pisang juga beraneka ragam seperti vitamin A, vitamin B, thiamin, riboflasin, niacin, vitamin B6, asam solfat, vitamin C, magnesium, dan zat besi. Buah pisang juga mengandung 68 persen air 25 persen gula 2 persen protein 1 persen lemak dan juga minyak serta 1 persen serat  selulosa. 

Manfaat Buah pisang

Dengan adanya kandungan vitamin yang terdapat dalam buah pisang serta mengkonsumsinya secara tidak berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan tubuh yang dibutuhkan, buah pisang dapat bermanfaat untuk :
1. Sebagai sumber enegi
2. Dapat menurunkan berat badan
3. Mengobati jerawat
4. Menambah kesehatan otak
5. Mengatasi diabetes
6. Sebagai penyeimbang cairan tubuh
7. Menghaluskan kulit wajah
8. Dapat mengobati sakit magh
9. Menyehatkan tulang
10. Mengatasi anemia
11. Menyehatkan tulang
12. Mencegah sakit jantung
13. Menyembuhkan luka bakar
14. Melancarkan peredaran darah
15. Mengobati susah buang air besar atau sembelit
16. Melancarkan pencernaan
17. Meningkatkan mood
18. Dapat mengontrol suhu tubuh
19. Mengobati luka dalam lambung
20. Menjaga kesehatan mata
21. Mencegah keram otot setelah berolah raga
22. Baik untuk kesuburan pria

Kesimpulan.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa buah pisang ini memiliki cir-ciri yang  mudah untuk dikenali dan juga dibudidayakan. Dari segi prospek yang menjanjikan, buah pisang dapat dijadikan sebagai lahan usaha mulai dari kemudahan budidaya hingga proses pengolahan hasil panen yang beraneka ragam. Dengan banyaknya kandungan vitamain dan zat-zat yang bermanfaat yang terdapat dalam buah pisang ini sehingga menjadikan buah pisang ini bermanfaat dalam proses penyembuhan dan pengobatan juga ketahanan tubuh bagi si pengkonsumsinya dan tentunya dengan mengkonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh dan tidak berlebihan.